Friday, June 25, 2010

Analisis part.2

Posted by 3theprincess at 9:03 PM
Ini merupakan postingan keempat saya dalam rangka mengerjakan tugas IMK. Saya akan melanjutkan analisis saya tentang usability indowebstore. Ada beberapa point dalam guidelines usability.gov yang akan saya bahas pada post saya kali ini, yaitu Page Layout dan Navigation

  • Use Fluid Layouts
Pada website indowebstore, layoutnya tidak memanfaatkan semua page size yang disediakan. Layout web page indowebstore yang berada di tengah mengakibatkan sisa page size yang berada di sisi kiri dan kanan tidak digunakan dengan kata lain mubazir :D. Hal ini bisa kita lihat pada screenshoot berikut.












  • Use a Clickable 'List of Contents' on Long Pages
Content yang ada di indowebstore dapat diklik, yang akan mendirect kita ke halaman terkait. Gambar yang ada pada homepage pun merupakan link.

  • Present Tabs Effectively
Pada indowebstore, jika kita mengklik Sale maka kita akan pindah ke page Sale. Tapi pada tab menunya tidak berubah, atau tidak menunjukkan kita sedang berada page Sale.












  • Use Appropriate Menu Types
Web indowebstore juga menggunakan sequential menu dan multilevel menu, bagi user cara ini cukup mudah untuk mereka saat ingin pindah ke sebuah menu atau list tertentu. Tapi hal ini juga bisa membuat user mengalami sedikit kesulitan jika multilevel menu terlalu panjang sehingga memerlukan scrolling.
















to be continued....

8 comments on "Analisis part.2"

Aprilia Ramadhina on June 25, 2010 at 10:25 PM said...

Yang pasti pilihan di produk itu ya harusnya urutan sesuai abjad, susah buat milih nya juga..

Rendy on June 26, 2010 at 2:37 AM said...

Penilaian yang baik

Inne Larasati on June 26, 2010 at 10:27 AM said...

Masalah scrolling emang paling mengganggu yah.. perlu ada alternatif lain dari penggunaan list yang terlalu panjang itu.
Ada breadcrump mungkin bisa membantu mengatasi masalah scrolling, dan pastinya nggak bikin pengguna tambah bingung karena tersesat :)

Dhieka Avrilia Lantana on June 26, 2010 at 12:19 PM said...

pada saat mengklik menu sale, memang banyak ditemukan paging. paging yang terlalu banyak ini membuat saya sebagai user malas untuk melihat seluruh paging. kemungkinan saya akan melihat hanya sampai 3 paging saja.

Fanny Risnuraini on June 26, 2010 at 6:28 PM said...

Kajian yang dilakukan sudah cukup bagus...
saya ingin menambahakan pada saat saya masuk ke dalam product->speaker maka akan muncul nomor paging dari 1 hingga 21 yang seluruh angkanya ditulis sehingga membuat angkanya tidak muat dan penulisannya hingga ke bawah2, hal tersebut dirasakan kurang enak dipandang mungkin lebih baik nomor paging yang di tampilkan beberapa nomor dahulu dan dilengkapi dengan titik, selain itu pada menu search yang ditandai dengan "I'm lookin for" ternyata sebuah link yang tidak dapat diklik.

Fanny Risnuraini
http://fannyr07.student.ipb.ac.id/
http://mysweetgirlz.blogspot.com

Alfian Prayanta on June 26, 2010 at 11:18 PM said...

backgroudnya sayang bgt item...coba di ganti putih atau abu2

si.adii on June 27, 2010 at 12:55 AM said...

Tampilan designnya menarik, tapi untuk bannernya atau tabnya agak mengganggu kalau harus milih produk agak cepat, karna digeser sdikit aja kursornya bannernya udah ganti, jadi harus pelan-pelan dan pilihan sub-kategorinya terlalu banyak alias panjang banget ke bwahnya...

nice post btw =)

https://amulyadi08.student.ipb.ac.id/

ukirankatakatadean on June 27, 2010 at 1:55 AM said...

my academic blog

agak sulit untuk memilih produk. scrollingnya terlalu dalam. akan lebih baik jika pakai breadcrump... :D

 

3thePrincess's Blog Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Sponsored by Blogger Template Gallery